LAMPUNG EKSPRES NEWS
Situs Berita Masyarakat Lampung
Kamis, 17 04 2014, 23:40 (GMT+7) Home FAQ RSS Links Site Map Contact
 
 
::| Keyword:       [Advance Search]  
 
All News  
Numpang Liyu
Daerah
Bandar Lampung
Kriminal
Politik
Olahraga
Opini
Seni-Budaya
Harian Ekspres
Ekonomi
Pendidikan
::| Newsletter
Your Name:
Your Email:
 
 
 
Daerah
 
Masyarakat Keluhkan Limbah RSUD Menggala

Selasa, 08 01 2013, 00:16 (GMT+7)


Menggala, LE
Dampak dari pembakaran asap limbah medis Rumah Sakit Umum Daerah Menggala (RSUDM) Kabupaten Tulangbawang, dikeluhkan masyarakat masyarakat Kampung Tua Kecamatan Menggala Tulangbawang yang berada di wilayah sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala,keluhkan Asap hasil pembakaran limbah medis di wilayah setempat.
Pasalnya, hasil pembakaran dari lembah pembakaran medis menimbulkan aroma yang tidak sedap,tak hanya itu, asap hasil pembakaran limbah medis memenuhi rumah warga sekitar yang tinggal di RSUD Menggala, yang mengakibatkan para penghuni rumah enggan menghuni rumah ketika pembakaran limbah medis berlangsung.
Menurut Munzir (28) warga Kampung Tua Kecamatan Menggala menjelaskan, pihaknya merasa di rugikan oleh pihak RSUD Menggala akibat pembakaran limbah medis,asap hasil limbah medis ketika terjadi pembakaran asap memenuhi rumah-rumah warga sekitar RSUD Menggala,yang menimbulkan aroma yang tidak sedap.
"Sebab,pembakaran limbah medis sudah berlangsung cukup lama kami sudah melaporkan ke pihak RSUD Menggala, Namun di sayangkan hingga kini pihak RSUD Menggala tidak ada tindakan,bukan hanya aroma tak sedap akibat pembakaran limbah medis itu, akan tetapi , yang membuat resah masyarakat,akibat pembakaran limbah medis.Jika penghuni rumah masyarkat di lingkungan RSUD Menggala,sesak napasnya akibat asap yang di hasilkan dari pembakaran limbah medis," Munzir.
Sementara itu,adanya pembakaran limbah medis dari asapnya yang bikin masyakat Kampung Tua Kecamatan Menggala membuat Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tulangbawang Mutiyas Lina Djayasinga akan mengecek langsung terkait asap hasil pembakaran limbah medis RSUD setempat,bahwa ini dilakukan karena mendapatkan atas laporan masyarakat yang mengeluhkan asap hasil pembakaran Limbah medis RSUD Menggala dan kami secepatnya akan turun kelokasi guna mengecek kebenarannya.
"Semestinya asap pembakaran limbah medis yang di lakukan oleh pihak RSUD itu sangat berbahanya karena limbah berbahaya,beracun dan berbau (B3) bila di bakar di dalam Insenelator dengan suhu mencapai 800 derajat celcius, kalau tidak mencapai suhu maka dapat di pastikan asap hasil pembakaran. B3 tidak sempurna maka akan berbahanya untuk masyarakat sekitar akan berbau."kata Mutiyas Lina Djayasinga saat diruang kernya, Senin (7/1).
Menurutnya kalau asap medis itu menimbulkan bau tidak sedap maka kami dari BLHD akan melakukan tegoran secara tertulis kepada pihak RSUDM hingga dapat di perbaikinya, ini mengingat belum mengakibatkan korban jiwa, maka harus secepatnya kami lakukan untuk mencarikan solusi, maka kita akan turun langsung kelokasi. Sedangkan Kabag Humas RSUD Menggala Berti menyatakan,mengakui selama ini pembakaran hasil limbah medis RSUDM di lakukan pembakaran di ruang insenelator,barang sudah tua dan kekuatannya sudah menurun maka mengakibatkan asap hasil pembakaranya mengeluarkan bau tidak sedap di wilayah sekitar lokasia.Namun,saat ini insenelator untuk pembakaran limbah Medis RSUD berkapasitas 20 kg dengan menggunakan suhu minimal 800 derajat celcius.akan tetapi karena mungkin mesin insenelator sudah tua.Maka pembakaran itu menggunakan suhu hanya 500 derajat celcius saja , sehingga di mungkinkan dapat menimbulkan bau tidak sedap pada saat melakukan pembakaran.
"Sebab,mesin Insenelator sudah tua maka kami pada tahun 2013 ini telah mengajukan dana untuk pembelian Insenelator baru dengan kapasitas 100 kg, dan saat ini untuk pembakarannya telah kami stop dahulu pembakarannya dan akan kita carikan solusi sambil menunggu insenelator yang baru."ucap Berti. (RD-8)


Rating (Votes: )   
    Comments (0)        ShareThis         Print


Other Articles:
Naik, Target PAD Dinas Pasar Lampura (08.01.2013)
Warga Bunut Keluhkan Tumpahan Lumpur (08.01.2013)
Menteri Kelautan Panen Ikan Patin (08.01.2013)
Dinkes Jangan Tunggu Korban DBD (08.01.2013)
BKD Lamteng Hanya Jalankan Tugas (07.01.2013)
76 Pejabat Tanggamus di Rolling (07.01.2013)
Dinkes Pesawaran akan Bangun 10 Puskesdes (07.01.2013)
Rakor Bulanan Bahas Jalan Rusak (07.01.2013)
Pemkab Pringsewu Launching PKH (07.01.2013)
Masyarakat Terserang DBD, Dewan Panggil Dinkes (07.01.2013)



 
::| Latest News
::| Events
April 2014  
Su Mo Tu We Th Fr Sa
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
 
News in Pictures

KUNJUNGI PWI --
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag Sumda) Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus, Kompol Vicky Dzulkarnain, berkunjung ke kantor PWI Tanggamus, Senin (3/3). foto: sanusi/LE

 
LAMPUNG NEWS
[Page Top]