pertanian-pupuk-organik
image source : freepik.com

10 Bahan Pupuk Organik di Sekitar Rumah, Buatnya Gampang

Pupuk Organik Sekitar Rumah

10 Bahan Membuat Pupuk Organik, dengan mudah, bahannya sangat banyak yang ada di rumah dan lingkungan sekitar kita, di halaman belakang rumah Anda juga terdapat banyak bahan untuk membuat pupuk organik Anda sendiri, beberapa bahan yang direkomendasikan antaralain :

10 Bahan Pupuk Organik

  1. Kulit Pisang

Makan pisang membantu mengisi kembali kalium yang hilang di tubuh anda. selain kalium, kulit pisang juga terdapat sumber potassium alami. Tumbuhan Mawar adalah salah satu tanaman  yang menyukai potasium. jika nutrisi kulit pisang dipakai untuk pupuk organik bunga mawar maka, akan merangsang bunga untuk semakin banyak mengeluarkan bunga.

Kulit pisang yang terkubur di dalam tanah akan terurai secara organik dan menjadi pupuk alami, membuang kulit pisang dan terkubur di dekat perakaran pohon maka secara alami akar tanaman akan menyerap nutrisi kulit pisang.

  1. Ampas Kopi

Ampas Kopi banyak mengandung Asam alami, dan secara alami  Kadar Asam yang terkandung di Ampas kopi akan sangat berguna bagi beberapa jenis tanaman yang membutuhkan asam yang tinggi, seperti tomat, blueberry, mawar dan juga sejenis pohon azalea

Pertumbuhan Tanaman seperti yang disebutkan di atas dapat dirangsang dengan ampas kopi, larutkan 6 cangkir bubuk kopi bekas, kedalam 5 Galon air, diamkan selama 2-3 hari, lalu siramkan ke tanah sekitar pohon atau tanaman, hal ini akan menjenuhkan tanah melalui bantuan nitrogen, lakukan sebelum anda menyiram tanaman. hal ini akan sangat berguna bagi tanaman yang membutuhhkan keasaman.

  1. Kulit Telur

Kulit telur banyak mengandung kalsium karbonat, kandungan kalsium karbonat yang terdapat pada cangkang telur berkisar hingga 93% hal ini setara dengan kalsium yang terdapat pada kapur. Kandungan Kalsium yang ada pada kulit telur akan sangat berguna bagi tumbuhan Tomat dan paprika, manfaat langsung salah satunya adalah mencegah pembusukan di tepi bunga.

BACA JUGA  TOMAT | Deskripsi, Budidaya, dan Sejarah

Kulit telur juga dapat berperan sebagai Kondisioner pada tanah. hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa kali percobaan. tanaman di dalam pot dapat kita berikan nutrisi kulit telur dengan cara : Cuci bersih Kulit telur lalu haluskan lalu taburkan dan kuburkan di tanah atau pada pot tanaman.

Selain manfaat di atas, tanaman yang diberi nutrisi Pupuk organik kulit telur juga akan menghasilkan buah yang lebih sehat, tahan terhadap serangan penyakit. Kulit telur juga dapat digunakan sebagai bahan pengawetan Benih.

  1. Rumput laut

Anda tidak perlu mencuci rumput laut segar sebelum digunakan untuk menghilangkan garamnya. Pelajari cara menggunakan rumput laut dan kelp. Lihat contoh. Rumput laut kering dijual di pasar Asia. Baik versi segar dan kering dianggap sebagai kondisioner tanah yang baik.

Rumput laut mengandung elemen jejak dan sebenarnya berfungsi sebagai sumber makanan bagi mikroorganisme tanah. Potong seember kecil rumput laut dan tambahkan 5 galon air. Tutup dengan longgar dan biarkan selama 2-3 minggu.

Digunakan untuk membasahi tanah dan daun. 2 cangkir cocok untuk tanaman kecil, 4 cangkir untuk tanaman sedang dan 6 cangkir untuk tanaman besar. Coba jumlahnya.

  1. Gulma

Anda dapat membuat pupuk Anda sendiri dari bawah kaki Anda! Jelatang, komprei, dok kuning, burdock, ekor kuda, dan chickweed adalah pupuk buatan sendiri yang bagus. Ada beberapa cara untuk menggunakannya untuk membuat campuran pupuk Anda sendiri atau mempercepat tumpukan kompos Anda.

Jika gulma tidak mekar, mereka dapat dijemur di bawah sinar matahari, dicincang dan digunakan sebagai mulsa. Mereka kaya akan nitrogen dan tidak menghilangkan nutrisi tanaman Anda. Borage (bunga bintang) adalah tanaman herbal, tetapi bagi sebagian orang itu adalah rumput liar.

BACA JUGA  Pengantar Budidaya Cabai

Ini memiliki banyak sifat nutrisi yang sama dengan komprei. Saya mengeringkan seluruh tanaman, akar, dan semuanya dan memasukkannya ke dalam gelas kompos. Ini membantu memecah segalanya dengan sedikit tambahan panas ke dalam gelas kompos. Beberapa orang merendam rumput liar selama berhari-hari.

Untuk campuran yang akan sidimpan lama, keluarkan ember dan masukkan banyak daun dan akar gulma ke dalam ember 5 galon. taruh batu diatas daun agar memadat, pastikan tanaman tertutup, dan tambahkan air untuk menutupinya. Aduk setiap minggu dan tunggu 3-5 minggu hingga isinya menjadi lengket.

Kemudian gunakan goo/cairan pupuk yang lengket harus di diencerkan dengan skala 1:10 sebagai pupuk irigasi tanah.Untuk kenyamanan lebih, Anda dapat menggunakan dua ember untuk membuat lubang di bagian bawah ember yang berisi tanaman. Goo menembus ember di bawah. Itu selalu yang terbaik untuk menerapkan pupuk cair encer.

  1. Molase

Penggunaan molase dalam teh kompos kemungkinan akan meningkatkan mikroba dan bakteri menguntungkan yang mereka makan. Jika Anda ingin memulai dengan resep sederhana untuk pupuk molase, campurkan 1 hingga 3 sendok makan molase dalam 1 galon air. Siram tanaman dengan formulasi ini dan amati tanaman tumbuh besar dan sehat.

  1. Urine Manusia

Kedengarannya menjijikkan, tetapi urine dianggap steril jika tubuh asalnya sehat dan bebas dari virus dan infeksi. Urea kaya akan nitrogen dan mengandung lebih banyak fosfor dan kalium daripada banyak pupuk yang dibeli di toko.

Perbandingan air seni dan air yang tepat adalah 1 : 8. Anda bisa mengumpulkan segelas air seni, memasukkannya ke dalam ember plastik untuk digunakan di luar sebagai pupuk tanaman, dan menuangkannya ke dalam delapan gelas air. Tuangkan 2 cangkir di sekitar setiap tanaman kecil.

BACA JUGA  Ragam Mesin Pertanian dan Kegunaannya

Untuk tanaman berukuran sedang, tambahkan 4 cangkir, dan untuk tanaman besar, 6 cangkir homebrewing pribadi.

  1. Potongan Rumput

Rumput yang kaya nitrogen terurai seiring waktu, memperkuat tanah. Isi ember 5 galon penuh dengan potongan rumput. Anda juga bisa menambahkan rumput liar! Gulma menyerap nutrisi dari tanah sebanyak rumput. Tambahkan air ke bagian atas ember dan biarkan selama satu atau dua hari. Encerkan teh gelas dengan mencampurkan 1 gelas gelas cair dengan 10 gelas air.

Oleskan ke dasar tanaman menggunakan jumlah yang sama seperti yang dijelaskan dalam resep urin di atas.

  1. Pupuk Dari Kotoran Binatang

Dengan sedikit usaha, Anda dapat menemukan orang-orang yang membagikan kompos kotoran ayam, kuda, dan sapi secara gratis. Pupuk yang sudah dikomposkan dan berumur adalah yang terbaik.

Tambahkan pupuk kompos ke dalam kantong kecil yang tembus air yang terbuat dari kain daur ulang seperti T-shirt dan handuk bekas. Rendam di tempat teduh selama beberapa hari, aplikasikan ke tanah dan kondisi sebelum tanam. Isi atau buang kantong bekas.

  1. Makanan Kucing dan Anjing

Tergantung pada makanan anjing yang Anda daur ulang, kondisioner tanah ini mungkin tidak organik. Tetapi bahkan yang lebih murah mengandung protein dan zat gizi mikro yang berguna untuk tanah. Untuk menyiapkan petak taman untuk ditanam, taburkan makanan hewan kering di tempat tidur dan taburkan tanah dan air.

Biarkan membusuk secara alami. Untuk mencegah satwa liar mengunjungi suguhan, tutup dengan karton sampai makanannya rusak. Karton juga menjebak kelembaban dan mencegah gulma. Pastikan karton benar-benar basah dan tutup dengan penutup akar.

Siram secara menyeluruh selama 4 minggu setiap minggu. AAFCO (Asosiasi Pejabat Pengawasan Pakan Amerika) Disarankan bahwa makanan anjing kering mengandung setidaknya 3% natrium untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *