pertanian-tomat
image source : freepik.com

TOMAT | Deskripsi, Budidaya, dan Sejarah

Budidaya Tomat

Tomat (Solanum Lycopersicum), tanaman berbunga dari suku Solanaceae (Solanaceae), banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya. Dilabeli sebagai sayuran bergizi, tomat adalah sumber vitamin C dan likopen fitokimia yang sangat baik.

Buah-buahan umumnya dimakan mentah dalam salad, Sebagai sayuran yang dimasak, telah digunakan dan diasamkan sebagai bahan dalam berbagai masakan yang dimasak. Selain itu, sebagian besar tanaman tomat dunia digunakan untuk pengolahan.

Produk termasuk tomat kalengan, jus tomat, saus tomat, puree, pasta, dan tomat “kering di bawah sinar matahari” atau dijadikan bubur yang dikeringkan.

Penjelasan Fisik dan Kultivasi / Penanaman

Tanaman tomat umumnya memiliki banyak cabang, menyebar 60-180 cm (24-72 inci), dan sedikit tertinggal saat berbuah. Namun, beberapa batang kompak dan tegak. Daunnya kurang lebih berbulu, berbau, senyawa seperti bulu, hingga panjang 45 cm (18 inci).

Lima kelopak bunga berwarna kuning, lebar 2 cm (0,8 inci), memiliki liontin dan padat.Buah adalah beri yang bervariasi dengan diameter 1,5-7,5 cm (0,6-3 inci) atau lebih besar. Mereka biasanya berwarna merah, merah tua, atau kuning, tetapi ada varietas hijau dan ungu,

Bentuknya bervariasi dari hampir bulat hingga lonjong, memanjang hingga berbentuk buah pir. dalam buah tomat setidaknya ada dua gumpalan biji yang di selubungi oleh cairan seperti jeli.

Rumah kaca yang penuh dengan tomat (Solanum lycopersicum).

Mengingat bahwa tomat adalah tanaman iklim hangat, rumah kaca memungkinkan budidaya di musim dingin dan iklim bersalju. Apakah ini atau itu? Buah-buahan dan sayur-sayuran Di mana batas antara buah dan sayuran? Uji pengetahuan Anda dengan kuis ini.

BACA JUGA  Ragam Mesin Pertanian dan Kegunaannya

Tanaman tomat sendiri merupakan tanaman yang biasa tumbuh di cuaca yang relatif hangat dan banyak sinar matahari. Ini terutama ditanam di rumah kaca dengan iklim dingin. Tomat biasanya diintai, diikat, atau dikurung untuk menjauhkan batang dan buah dari tanah.

Tomat membutuhkan penyiraman yang konsisten agar terhindar dari pembusukan yang terjadi di ujung bunga dan menghindari keretakan buahnya. Tanaman rentan terhadap banyak hama dan penyakit seperti busuk coklat, hawar awal, virus mosaik, layu fusalium, nematoda, dan tomat berbintik lima. dengan rotasi tanam beberapa masalah sebenarnya bisa dikendalikan,

Penggunaan fungisida dan pestisida, dan penanaman varietas tomat yang tahan lama.

Tomat kismis kecil (S. pimpinellifolium) adalah spesies yang berkerabat dekat tomat dan telah digunakan oleh para petani agar bi silangkan dengan jenis tomat yang lebih tahan dengan hama. Pembusukan akhir bunga tomat disebabkan oleh ketidak seimbangan air dan kekurangan kalsium.

Sejarah Tomat

Spesies liar berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, kemungkinan besar di Peru dan Ekuador. Diyakini telah didomestikasi di Meksiko sebelum Columbus. Namanya berasal dari tomat Nahuatl (Aztec). pada abad ke 16 tomat di perkenalkan oleh negara spanyol.

yang pertama menggunakan tomat sebagai makanan di eropa pertama kali adalah spanyol dan italia. Di Perancis dan Eropa Utara, tomat pada awalnya dibudidayakan sebagai tanaman hias, Itu dianggap mencurigakan sebagai makanan karena ahli botani mengenalinya sebagai kerabat belladonna beracun dan Solanaceae yang mematikan.

Memang, akar dan daun tanaman tomat beracun dan mengandung neurotoxin solanine. Orang Italia menyebutnya tomat pomodoro (“apel emas”). Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa tomat pertama yang dikenal orang Eropa berwarna kuning.

BACA JUGA  10 Bahan Pupuk Organik di Sekitar Rumah, Buatnya Gampang

Disarankan bahwa orang Prancis menyebutnya pommed’amour (“apel cinta”) karena dianggap memiliki sifat afrodisiak. Namun, beberapa ahli mengklaim bahwa tomat pada awalnya dianggap sebagai jenis terong dan merupakan kerabat dekat.

Terong adalah sayuran favorit Arab dan karena itu disebut pomme des Mours (“apel Moor”). Pomodoro dan Pomodoro mungkin korupsi nama mereka.

Tomat Dibawa Dari Eropa ke Amerika Utara.

Thomas Jefferson diketahui telah membesarkan mereka di Monticello pada tahun 1781, Tomat digunakan dalam makanan di Louisiana sejak tahun 1812, tetapi tidak digunakan di negara bagian timur laut sampai sekitar tahun 1835. Itu tidak menyebar luas di Amerika Serikat sampai awal abad ke-20. Sekarang, Tanaman ini saat ini dibudidayakan secara komersial di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *