membuat baju

Cara Termudah Bikin Baju, ini Langkah – Langkahnya

Bikin Baju

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin membuat pakaian. Jika Anda tertarik dengan desain busana, jika Anda memiliki beberapa pakaian yang ingin Anda buat sendiri, atau jika Anda perlu membuat beberapa perubahan pada pakaian yang sudah Anda miliki Akan berguna untuk mengetahui cara menjahit pakaian dari awal. .

Langkah Langkah Termudah

Anda tidak perlu menjadi penjahit untuk mempelajari cara membuat pakaian kustom Anda sendiri. Pelajari berbagai alat yang Anda butuhkan. Untuk membuat pakaian, Anda memerlukan berbagai alat untuk menjahit, membuat pola, dan mengukur pola untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda.

Anda perlu mempelajari setiap jenis alat dan cara menggunakannya. Anda mungkin tidak terbiasa dengan semua alat pada awalnya, tetapi semakin banyak Anda berlatih, semakin mudah.

Setrika dan papan setrika. Tidak apa-apa untuk menggunakan setrika berkualitas tinggi yang sudah Anda miliki, tetapi pada akhirnya Anda akan ingin berinvestasi dalam setrika berkualitas lebih tinggi. Gunakan setrika untuk menekan barang yang akan dijahit selama menjahit agar jahitan tetap terbuka dengan baik. Pemotong jahitan. Gunakan jika Anda melakukan kesalahan.

Cari tahu di mana menjahit dengan kapur dan di mana harus memotong untuk menandai kain. Anda membutuhkan gunting yang sangat bagus dan tajam untuk menentukannya. Hanya saat memotong kain gunting akan lebih cepat tumpul dan dapat merusak atau mengoyak kain.

Pita pengukur untuk menggambar pola dan memodifikasi pola selama menjahit. Pita pengukur (pada tahap desain dan menjahit), terutama pita pengukur fleksibel. Gunakan untuk melakukan pengukuran dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Pin untuk menahan kain di tempatnya sebelum mulai menjahit. Pin harus digunakan dengan hati-hati karena dapat merusak kain yang sedang Anda kerjakan.

BACA JUGA  Lapisan Anti Gores| Nanoteknologi, Aplikasi Untuk Industri

Beli mesin jahit. Pada dasarnya ada dua jenis mesin jahit: rumah tangga/rumah tangga dan industri. Ada pro dan kontra untuk kedua kategori ini, jadi perlu waktu untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. [1] Mesin jahit rumah tangga cenderung lebih portabel dan serbaguna.

Mereka cenderung melakukan jenis jahitan yang berbeda. Namun, itu tidak bekerja dengan baik dalam hal kecepatan dan kekuatan dan sangat tidak cocok untuk kain tebal. Mesin jahit industri jauh lebih bertenaga dan lebih cepat, tetapi cenderung hanya mampu melakukan satu jenis jahitan (seperti jahitan kunci lurus). Mereka melakukan jarum dengan sangat baik, tetapi tidak terlalu serbaguna.

Mereka juga cenderung menempati lebih banyak ruang. iklan Mari kita pelajari bagian-bagian mesin jahit. Kami berharap mesin jahit dilengkapi dengan instruksi manual sehingga Anda dapat melihat arah putaran gelendong dan posisi kotak gelendong.

Komponen Dasar Mesin Jahit

Namun, untuk membuat sesuatu yang menyenangkan, setidaknya Anda perlu mengetahui komponen dasar mesin jahit. Pemegang spool memegang spool benang dan mengontrol arah benang saat melewati mesin jahit. Tergantung pada jenis mesin jahit yang Anda gunakan, dudukan gulungan bisa horizontal atau vertikal.

Gelendong pada dasarnya adalah spindel berulir. Anda perlu membungkus gelendong dengan benang dan memasukkannya ke dalam kotak gelendong (terletak di bawah pelat jarum).

Mesin jahit juga memiliki berbagai penyesuaian jahitan yang membantu menentukan panjang jahitan setiap jahitan dan jumlah tegangan yang diperlukan untuk memastikan bahwa jahitannya berulir dengan baik dan berbagai jenis jahitan (berbagai jenis). Tuas pengambil mengontrol tegangan jahitan benang.

Jika ketegangan benang tidak pada tingkat yang tepat, benang akan diikat dan mesin jahit akan tersumbat. Periksa untuk melihat apakah ada kelas di toko mesin jahit lokal Anda atau temukan seseorang untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjahit. Mesin jahit, atau Anda bisa bertanya kepada keluarga dan teman yang berpengetahuan. Mari kita mulai dengan mudah.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan kemampuan Otak / IQ

Jika Anda baru memulai dengan pakaian, Anda pasti ingin memulai dengan desain yang sederhana. Jika tidak, Anda akan frustrasi dan mudah berhenti. Rok lebih mudah dibuat daripada jas tiga potong dan membutuhkan lebih sedikit ukuran, jadi yang terbaik adalah memulai dengan rok. Pada awalnya, hindari membuat pakaian dengan kancing atau resleting. Kenakan celemek atau piyama dengan karet gelang. Setelah Anda memiliki alat dan tip mesin jahit, Anda dapat mulai bergerak maju.

Buat Contoh

Buat baju ujian. Cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan akhir yang terbaik adalah dengan membuat pakaian uji terlebih dahulu, menyesuaikan desain dan membuat perubahan pada pekerjaan akhir sesuai kebutuhan. …

Potongan terakhir. Lakukan pengukuran yang sesuai yang diperlukan untuk membuat pola. Bahkan jika Anda membuat pakaian dengan pola yang Anda temukan di suatu tempat, Anda perlu mengukurnya agar sesuai dengan hasil akhirnya, bukan membuatnya sendiri.

Untuk celana panjang, ukuran berikut diperlukan: pinggang, pinggul, kedalaman selangkangan, panjang kaki dari pinggang ke lantai. Untuk celana pendek, cukup pendekkan panjang celana ke panjang yang diinginkan dan gunakan dimensi celana.

Untuk kemeja, Anda perlu mengukur leher, dada, lebar bahu, panjang lengan, panjang lubang lengan, dan panjang kemeja. Untuk rok, Anda hanya perlu mengukur pinggang dan pinggul. Panjang dan tonjolan rok tergantung dari jenis rok yang ingin dibuat. iklan Membuat pola.

Buat sketsa pola pakaian Anda menggunakan ukuran yang Anda buat. Gunakan pakaian serupa sebagai panduan untuk desain pola dan tata letak yang tepat. Ada banyak tempat bagus untuk menemukan ide pola.

Inspirasi Buat Pola

Toko barang bekas dan toko garmen sering kali memiliki pola vintage yang menyenangkan (terutama untuk gaun), dan ada banyak pola yang mudah ditemukan secara online. Tempatkan kain yang dipilih pada permukaan yang besar dan rata dan letakkan pola pada kain.

BACA JUGA  3 Hp Jagoan ini, Punya Performa Terbaik, Harga Pas di Kantong

Perencanaan yang cermat diperlukan ketika memutuskan bagaimana mengatur pola. Lipat adonan, sejajarkan sisi kanan, dan sejajarkan telinga dengan telinga. Telinga adalah tepi jadi yang mencegah kain terurai. Saat dilipat dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memotong potongan berpola ganda (lengan, kaki, dll.) dan potongan pola simetris besar.

Jika Anda memiliki potongan besar bermotif yang simetris dan dapat dilipat di tengah (seperti di belakang kemeja), lipat potongan pola di tengah dan kencangkan bagian terlipat dari pola ke tepi lipatan kain. Ini menghemat kesulitan memotong dan membuat kain yang dipotong simetris sempurna.

Cara terbaik untuk membuat pakaian yang membungkus tubuh Anda adalah dengan menempatkan pola secara miring (sudut 45 derajat ke tepi terlipat). Tempatkan potongan pola pada sudut 90 derajat ke tepi yang terlipat tanpa meregangkan.

Setrika

Setrika kerutan adonan. Anda perlu memastikan bahwa kain tidak kusut. Jika tidak, potongan terakhir dapat rusak jika kain tidak sejajar karena kerutan. Tempelkan pola ke kain. Ini akan memberi tahu Anda apa yang Anda kenakan untuk memotong.

Pastikan tidak ada kerutan dan potongan pola serta kain sejajar dengan benar. Potong adonan sesuai pola. Pastikan untuk memotong kedua lapisan kain. Hapus pola dari pola. Sekarang Anda siap untuk memulai proses menjahit. iklan Sematkan selembar kain di sepanjang tepi jahitan.

Tentukan tepi yang perlu dijahit, sejajarkan kedua potong kain di sisi kanan, dan sematkan di tepi jahitan. Masukkan pin pada sudut 90 derajat dari tepi sehingga Anda tidak perlu melepas pin saat menjahit pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *