minyak goreng

Harga CPO melonjak, Minyak Goreng Ikut Melambung

Harga CPO Melonjak

Perkembangan Harga Minyak Goreng ahir – ahir ini cukup menghawatirkan, di lansir juga de berbagai media tentang melonjaknya harga CPO (Minyak Sawit) yang pada ahirnya menyebabkan melambungnya harga minyak goring.

Indonesia merupakan salah satu dari beberapa produsen CPO yang cukup diperhitungkan di pasar global, Gabungan Pengusaha sawit Indonesia memiliki data jumlah produksi CPO di tahun 2019 yang melebihi 45 Juta Ton, hal ini menunjukkan kenaikan dari tahun sebelumnya yaitu 43 Juta Ton

Penyebab Lonjakan Harga

Situasi Hari ini Harga CPO global sedang mengalami kenaikan,Harga acuan dari CPO adalah Cif Rotterdam yang melonjak, hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab naiknya harga CPO, lonjakan harga CPO juga disebabkan oleh kelangkaan pasokan bahan baku industry minyak goring kelapa sawit, karena situasi pandemic dan cuaca menyebabkan pasokan bahan tidak lancer

Dampak Terhadap Minyak Goreng

Melonjaknya harga CPO ini pada ahirnya berakibat pada efek berantai yaitu kenaikan harga minyak goreng secara keseluruhan, mulai dari minyak goring curah maupun minyak goreng kemasan.

Lonjakan harga minyak goring ini sudah jelas akan berdampak pada pengusaha dan UMKM, yang banyak konsumsi atau menggunakan minyak goreng,

Seorang Pemilik rumah makan di kota ampung mengeluhkan kondisi ini “Minyak Goreng terus naik parah, sementara kita jualan kan harganya segitu – gitu aja”. Padahal rumah makan banyak menggunakan minyak goring untuk mengolah makanan.

Hal senada disampaikan oleh salahsatu pedagang Keliling untuk minyak goreng,yang bisa mengirim stok minyak goreng kemasan ke warung – warung, “iya memang harga minyak naik terus, sekarang minyak goreng bimoly, sudah harga 33ribu di pasaran. Yang biasanya masih dibawah 30ribu”

BACA JUGA  Meteri Keuangan Sri Mulyani  | Yakin, Ekonomi Tumbuh 4.3 %

Sikap Pemerintah

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian pemerintah untuk segera mungkin mengatasi persoalan kenaikan harga Minyak Goreng.

Sebagaimana kita katakan di awal artikel ini, bahwa Indonesia merupakan lumbung bagi ketersediaan bahan baku minyak goreng, semestinya mampu mengatasi gejolak harga industry minyak goreng. Sehingga dihasilkan produk minyak goreng dengan harga yang dapat di beli oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Memang pemerintah belum melakukan Intervensi terhadap lonjakan harga ini, namun pemerintah memang mengakui adanya situasi terus merangkak naiknya minyak goreng. Pemerintah Melalui Kementerian Perdagangan mengatakan, masih terus memantau perkembangan harga di pasaran, dan juga melakukan pengawasan terhadap ketersediaan pasokan di seluruh wilayah Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *