gerakan lokomotor

Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor Saat Olahraga

Gerak Saat Olahraga

Hampir semua orang melakukan olah jasmani dalam bentuk olahraga, bagi sebagian orang mungkin olahraga menjadi kebutuhan yang sangat penting, untuk menjaga kebugaran jasmaninya. Namun sebaliknya juga beberapa orang mungkin enggan melakukannya karena keterbatasan waktu atau mungkin kesibukan Pekerjaannya.

Ahir – ahir ini kita mengenal istilah Gerak Lokomotor dan Gerak Non Lokomotor, pola gerakannya sendiri sebetulnya selalu kita lakukan pada saat kita melakukan gerakan olahraga.

Gerak Lokomotor

Namun apakah kita memahami pengertian dua istilah tersebut : jika kita ambil pengertian istilah tersebut maka kita akan menemukan bahwa, sebetulnya Gerak Lokomotor adalah gerakan dimana manusia melakukan pergerakan berpindah. Dan gerakan Non Lokomotor merupakan gerakan manusia namun tidak berpindah tempat.

Gerakan lokomotor diartikan sebagai pergerakan dimana seluruh tubuh kita bergerak dan berpindah dari suatu tempat dan bergeser ke tempat lainya, kita ambil contoh yang sering kita lakukan adalah : berlari, melompat, berjalan, dan lain-lain.

Gerakan Non Lokomotor

Sementara Gerakan Non lokomotor disebutkan sebagai gerakan manusia namun seluruh tubuhnya tidak berpindah, kalua kita ambil contoh mudahnya adalah : ketika kita menggerakkan tangan memutar, atau menggelengkan kepala berkali kali, atau kita menendangkan kaki, tentunya tubuh kita tidak berpindah, nah,, itulah yang dinamakan gerakan Non lokomotor.

Menarik kesimpulan dari teori dan istilah gerakan diatas maka dapat kita pahami, ketika kita melakukan olahraga maka kita sudah melakukan dua istilah gerakan di atas, olahraga lari pagi dan pemanasan yang kita lakukan, maka kita telah melakukan dua gerakan itu sekaligus.

Demikian juga ketika kita berenang, maka gerakan berpindah dari sisi kolam renang kemudian kita berenang ke sisi kolam yang lain, maka kita telah melakukan perputaran lengan dan pergerakan kaki sekaligus, badan kita juga secara keseluruhan berpindah dari sisi satu ke sisi yang lain di kolam renang.

BACA JUGA  10 Herbal Paling Populer dan Manfaatnya

Termasuk ketika kita berjalan kaki dengan santai, ternyata kita telah melakukan pergerakan Lokomotor, karena secara perlahan kita bergerak dari satu tempat ke tempat lainya, demikian juga jika kita menginginkan berlari, maka kita pun secara otomatis bergerak cepat berpindah tempat. Dan ini lah lokomotor.

Kemampuan gerak lokomotor pada banyak orang mungkin berbeda beda, slah satu contohnya, adalah kemampuan orang pada olahraga atletik, berlari dengan cepat merupakan keahlian tersendiri bagi sebagaian orang. Bebrapa orang mungkin mampu melakukan lari dengan cepat. Dan sebagian lainya tidak mampu melakukannya.

Pentingnya Gerak dan Olahraga

Terlepas dari teori gerakan ini, oleh raga merupakan kegiatan yang penting dilakukan bagi setiap orang, dengan melakukan gerak lokomotor maupun non lokomotor maka diharapkan tubuh kita akan terjaga kebugarannya. Dan tentunya kita akan memiliki tubuh yang sehat.

Dengan tubuh yang sehat maka, semua aktifitas manusia akan berjalan dengan baik. Bekerja dalam kondisi badan yang sehat akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula. Lain halnya jika tubuh kita sakit – sakitan, maka pekerjaan pun akan tidak baik pula.

Selain jasmani yang sehat, jika kita melakukan olah raga dengan rutin dan benar. Maka secara tidak langsung ruhani kita juga akan terjaga. kepercayaan diri seseorang yang ber jasmani sehat, akan berbeda dengan orang yang sakit. Kepercayaan diri seseorang yang sehat akan terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *