alat peranian, alsintan

KEMENTAN | Gelontorkan Bantuan Alat pertanian

Bantuan Alat Pertanian

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian Menggelontorkan alat pertanian, Guna mewujudkan pertanian yang lebih maju dan moderen. Seperti diberitakan di berbagai media ahir – ahir ini, tentang keseriusan pemerintah pada program pertanian, Melalui kementerian  Pertanian.

Perubahan pola pertanian ke arah yang lebih maju  dan modern, saat ini menjadi program unggulan Pemerintah melalui kementerian pertanian, salah satu upaya nya adalah dengan menggelontorkan alat pertanian, untuk memicu para petani dalam melakukan perubahan pola bertani menjadi lebih maju dan moderan.

Pemberian bantuan Alat Mesin pertanian yang disingkat (ALSINTAN), kepada para petani di bebrapa daerah terus dilakukan, hal ini memeng menjadi komitmen Kementerian pertanian Untuk Membangun Pertanian Tanah Air.

Bantuan ini diharpkan mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga tujuan Moderenisasi pertanian dapat benar – benar terwujud.

Kementan

Hal ini sempat disampaikan oleh Direktur Alsintan  Kementerian Pertanian Andi Nur Alam, dalam acara Bersama kejaksaan Agung, di Bali bebrapa waktu lalu, Tim Pengamanan Pembangunan Strategis Nasional yang dilakukan oleh Kasubdit Pengairan Perikanan dan Peternakan (Jamintel Kejaksaan Agung).

Jumlah Bantuan

Lebih dari 450 Miliar Kementerian Pertanian menganggarkan bantuan Alsintan ini ditahun 2021, Untuk Propinsi di pulau dewata ini, mendapatkan 139 unit traktor dan 39 unit Sprayer tangan, dan juga alat pertanian lainya, dengan total berjumlah 376 unit alsintan.

Lebih jauh Keenterian Pertanian berharap dengan adanya Investasi besar – besaran oleh Negara memalui Kementerian pada alat pertanian ini diharpkan mampu  diraskan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan harapan kedepannya petani yang sudah mendapatkan bantuan mesin, kedepannya mampu membeli mesin sendiri.

BACA JUGA  Artis Cantik 18 Tahun, Hanna Kirana Meninggal Dunia

Agar di tahun – tahun berikutnya Pemerintah tidak perlu lagi memberikan sentuhan bantuan. Disampaikan juga bahwa Alat ini memiliki masa garansi, jadi jika ada kerusakan terhadap alat tersebut para petani bisa menghubungi penyedia alat pertanian ini. Dan itu harus dimanfaatkan. Ujar Direktur Alsintan Kementerian Pertanian.

Jumlah Bantuan Sesuai Kebutuhan

Mengenai penyaluran alat pertanian, Kementerian Pertanian juga yakin bahwa jumlah bantuan ini berdasarkan permintaan dan kebutuhan petani, atau dalam istilah CPLP (Penetapan Calon Petani okasi) sehingga bantuan ini benar-benar tepat sasaran.

Dalam komitmenya membangun Dunia Pertanian yang maju, Kementerian Pertanian juga memberikan akses permodalan berupa Kredit Usaha Rakyat, dan ini juga dapat dimanfaatkan oleh para petani di daerah manapun untuk mendapatkan fasilitas ini.

Kejaksaan Agung : Fungsi Pemantauan dan Pengawasan

Dalam Proses penyaluran bantuan Alsintan ini ikut berperan juga Kejaksaan Agung dalam fungsi Pemantauan dan pengawasan, proses distriusi bantuan, hal ini dimaksudkan untuk memstikan bahwa distribusi berjalan dengan baik

Kerjasama ini juga merupakan komitmen dari Kementerian Pertanian Untuk Mendukung Program Kerja Kejaksaan Agung dalam fungsinya Melakukan Pengamanan Strategis Nasional tahun 2021, dalam hal ini yang ada pada sector pertanian, termasuk didalamnya adalah distribusi bantuan alat pertanian.

Program Pertanian ini merupakan Salah Satu Program Strategis negara dalam mewujudkan pertanian maju dan modern, sehingga perlu mendapat pengawalan oleh Kejaksaan Agung agar Program benar benar menyentuh masyarakat dan manfaatnya bisa dirasakan hingga lapisan terbawah.

 

sumber : tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *