tips tidur berkualitas
image source : freepik.com

6 Tips | Mendapatkan Tidur Berkualitas

Tidur Yang Berkualitas

Anda tidak harus berguling-guling setiap malam, karena kesulitan tidur, disini kami akan memberikan tips bagaimana anda mendapatkan tidur yang lebih baik, Dari mengatur jadwal tidur Anda hingga memasukkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda.

Pikirkan tentang semua faktor yang dapat mencegah Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak : Dari stres kerja dan tanggung jawab keluarga hingga tantangan tak terduga seperti sakit. Tidak heran jika kualitas tidur mengalami kemunduran.

Anda mungkin tidak dapat mengontrol faktor-faktor yang mengganggu tidur Anda, tetapi Anda dapat mengembangkan kebiasaan yang meningkatkan kualitas tidur

Tips Tidur Berkualitas

  1. Tetapkan jadwal tidur Anda

Sisihkan dalam waktu 8 jam untuk tidur. Waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat adalah minimal 7 jam. Kebanyakan orang tidak perlu berada di tempat tidur selama lebih dari 8 jam untuk mencapai tujuan ini. Cobalah untuk Tidur dan Bangun tepat pada waktu yang sama.

Menjadi konsisten meningkatkan siklus tidur-bangun tubuh Anda. Jika Anda tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamar tidur dan rileks. Baca dan dengarkan musik yang menenangkan lakukan dan Ulangi sesuai kebutuhan sampai anda tertidur.

  1. Makanan Dan Minuman Yang Perlu Anda Perhatikan

Jangan Tidur dengan perut kosong atau terlalu kenyang, Secara khusus, hindari makanan berat atau besar beberapa jam sebelum anda tidur. Ketidaknyamanan pencernaan Anda mungkin yang membuat Anda sulit tidur.

Hati-hati juga dengan nikotin, kafein, dan alkohol. Efek stimulasi nikotin dan kafein dapat menyebabkan anda kesulitan tidur yang berakibat terhadap kualitas waktu tidur anda . meskipun alcohol membuat anda mengantuk, tetapi dapat mengganggu tidur anda pada  waktu larut malam.

  1. Ciptakan lingkungan yang damai dikamar anda

Ciptakan kamar yang sempurna untuk tidur. Ini Berarti ruangan yang sejuk agak gelap dan menenangkan. Paparan cahaya dapat membuat anda sulit untuk tertidur. Hindari menggunakan layar bercahaya untuk waktu yang lama sebelum tidur.

BACA JUGA  Tips-Perawatan Kulit Anti Penuaan

Pertimbangkan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tidur Anda seperti :  nuansa lampu yang remang, menggunakan penyumbat telinga, memakai kipas angin, atau perangkat yang cocok untuk lingkungan tidur anda.

  1. Batasi tidur siang

Terlalu lama waktu yang anda ambil untuk tidur siang akan mengganggu waktu tidur malam anda. Jika Anda tidur siang, batasi hingga 30 menit dan jangan lakukan di penghujung hari (sekitar jam 15.00pm). Namun, jika Anda bekerja shift malam, anda mungkin perlu tidur siang, untuk mengganti waktu tidur anda.

  1. Sertakan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidurakan, tetapi melakukan aktifitas pada waktu yang dekat dengan waktu tidur anda akan mengganggu kualitas tidur anda. Waktu yang Anda habiskan di luar setiap hari juga dapat membantu.

  1. Kelola kekhawatiran Anda

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran dan perhatian Anda sebelum tidur, Catat apa yang terlintas dalam pikiran Anda dan simpan untuk besok. Manajemen stres dapat membantu. Mulailah dengan dasar-dasar mengatur, memprioritaskan, dan mendelegasikan tugas.

Meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *