pendidikan
image source : freepik.com

18 Bulan Pandemi Covid – Bagaimana Nasib Pendidikan ?

Pandemi Covid-19 dan Nasib Pendidikan

Covid-19 diperkirakan telah memasuki dan berkembang di Indonesia sejak 18 Bulan yang lalu, dan tentunya hal ini berdampak pada hampir seluruh sector kehidupan Masyarakat Indonesia. Termasuk juga Sektor pendidikan. Seperti apa nasib pendidikan selama melewati masa pandemi ini??

Pertnyaan yang barangkali banyak terjawab melalui bebrapa kenyataan yang dialami, baik dari sisi orang tua, Siswa dan guru, Juga seluruh segmen yang terkait dalam instrument pendidikan. Rutinitas sebelum terjadinya wabah covid-19 seperti belajar mengajar secara tatap muka yang kemudian hari berubah secara dramatis menjadi pembelajaran system online atau Daring.

Syistem Pendidikan Di Indonesia

Syistem pendidikan di Indonesia sebagaimana tertuang dalam amanah Undang – undang  Nomor 20 Tahun 2003 Menyebutkan : “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menghidupkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mlia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, bangsa dan negara.”

Dalam amanah undang – undang tersebut telah dijelaskan secara rinci tentang tujuan pendidikan nasional. Yang menitikberatkan pada siswa agar aktif mengembangkan segala potensi dirinya, baik secara akademis maupun mental dan spiritual.

Pada kenyataannya perubahan signnifikan yang terjadi pada kebijakan pendidikan mendorong komentar mengenai perjalanan arah pendidikan yang telah dilawati dan masa – masa yang akan datang. Kondisi yang memaksa system pendidikan metode daring ini menyisakan berbagai problematika. Baik dari siswa, orang tua dan siswa.

Terlepas dari berbagai perdebatan panjang tentang efektifitas pembelajaran daring tentunya kita selaku warga negara, dan juga orang tua, menghendaki adanya kualitas Syistem pendidikan yang terarah sesuai dengan amanah Undang – Undang dasar.

BACA JUGA  3 Hp Jagoan ini, Punya Performa Terbaik, Harga Pas di Kantong

Dampak Pandemi Covid- Pada pendidikan Indonesia

Dampak Pandemi semestinya menjadi pemicu bahwa memang diperlukan sebuah ekosistem pendidikan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan baik nasional maupun perubahan iklim pendidikan global. Ekosistem pendidikan yang tangguh terhadap situasi yang ada.

Kita coba mengutip kalimat Dalam sebuah sebuah penelitian yang dilakukan peneliti “Center For Indonesia Policy Studies” atau disebut CIPS, yang sempat menyimpulkan bahwa pembelajaran Jarak Jauh yang tidak efektif.

Kenyataan bahwa Berbagai rganisasi Melaporkan terjadinya “kehilangan Pembelajaran” atau learning Loss , hal ini dapat dijelaskan bahwa sebagian besar siswa telah kehilangan kemampuan pengetahuan dan keterampilan akademik pada masa pembelajaran jarak jauh atau daring ini.

Bahkan laporan dari Bank Dunia cukup mengejutkan, dimana diperkirakan Para siswa di Indonesia telah kehilangan sebesar 0,9 tahun pembelajaran. Hal ini merupakan ancaman serius untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia, terlebih jika kita berkaca pada Pasal dalam Undang – undang arah pendidikan kita.

Apa Solusinya ?

Pertanyaan kemudian adalah, bagaimana solusi bagi pendidikan di Indonesia dengan kenyataan yang di alami ini, Peran terbesar mungkin berada pada porsi pemerintah yang memegang kendali kebijakan pendidikan di Indonesia.

Untuk menunjang keberhasilan pendidikan Jarak Jauh diperlukan peran serta orang tua siswa untuk mendampingi anaknya ketika belajar dari rumah, sementara siswa perlu dibekali kemampuan – kemampuan dasar digital agar proses pembelajaran berjalan efektif.

Seluruh sector diharpkan ikut membantu keberlangsungan Pembelajaran jarak Jauh, seperti menyediakan akses internet bagi siswa, bantuan perangkat yang memadai bagi siswa juga mungkin menjadi factor penentu.

Baru baru ini Kementerian pendidikan menerapkan kebijakan Belajar tatap muka bagi daerah daerah yang menyandang Zona Hijau. Dengan adanya kebijakan ini semoga mampu menutup kekurangan pembelajaran yang dialami siswa ketika belajar Jarak jauh.

BACA JUGA  Artis Cantik 18 Tahun, Hanna Kirana Meninggal Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *