limbah pertanian
image_source : freepik.com

Limbah Pertanian Jadi Uang

Limbah Pertanian

Limbah pertanian merupakan produk produksi hasil dari pertanian. Untuk meminimalkan limbah pertanian sebagai petani, Anda perlu mengetahui sifat limbah yang Anda hasilkan di pertanian Anda. Hanya ketika Anda memahami jenis limbah,

Anda dapat mengambil solusi yang tepat untuk tantangan yang ditimbulkan oleh limbah yang Anda hasilkan. Ada berbagai macam bentuk limbah pertanian.Mereka bisa berupa cairan, bubur atau padatan dan mereka bisa larut atau tidak larut, mudah terbakar atau tidak mudah terbakar, beracun atau tidak beracun.

Pemahaman tentang sifat limbah ini akan memberi Anda gambaran tentang ke mana harus membuangnya dan mungkin menggunakannya. Di bawah ini adalah daftar tempat di mana Anda dapat menggunakan limbah pertanian di pertanian Anda.

Mengubah Limbah Menjadi Pakan Ternak

Sebagian besar atau bagian paling banyak dari limbah pertanian secara ekonomi penting bagi petani. Limbah yang dihasilkan selama proses penggilingan dapat digunakan langsung di peternakan untuk memelihara berbagai hewan.

Sekam Padi dan sekam gandum dapat diberikan langsung ke beberapa hewan seperti kambing, sapi, atau bisa dicampur dengan bahan lain dan diumpankan ke unggas. Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, daripada dibuang sembarangan, yang dapat menyebabkan pencemaran dan bahaya lingkungan.

Mengubah Limbah Menjadi Bahan Bakar

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan bioteknologi telah menemukan biofuel dan biogas. Memproduksi biogas dari makanan dan kotoran hewan dapat mengurangi atau mengurangi biaya pembelian gas pertanian.

Biogas yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Kabar baiknya di sini adalah bahwa teknologi di balik produksi biogas untuk penggunaan di rumah sangat murah dan tersedia secara online.

BACA JUGA  10 Bahan Pupuk Organik di Sekitar Rumah, Buatnya Gampang

Kita bisa menggunakan limbah untuk membuat produk lain seperti arang dan sabun. Mereka dapat dibuat dari limbah pertanian. Dengan sedikit riset, Anda akan menemukan bahwa ada banyak hal yang dapat Anda buat dari sampah yang seharusnya Anda buang.

Mengubah Sampah Menjadi Pupuk Organik:

Ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun bahwa pupuk organik adalah pilihan yang lebih baik daripada pupuk anorganik untuk produksi tanaman yang optimal. Apakah argumen itu benar atau salah, faktanya adalah bahwa penggunaan pupuk organik meningkatkan produksi tanaman dan mengurangi biaya.

Penggunaan pupuk organik itu baik, tetapi menerapkan kotoran hewan mentah ke lahan pertanian dapat menyebabkan pencemaran tanah. Kedua, kotoran beberapa hewan bersifat asam dan dapat menyebabkan kematian tanaman. Oleh karena itu, saran terbaik adalah dengan memecah sampah terlebih dahulu.

Mengurai berarti bahwa bakteri didalam pupuk bekerja untuk memecahnya sebelum anda menyemprotkannya ke lahan pertanian. Dekomposisi membantu menguraikan komponen asam limbah, mengurangi kerusakan pada tanah dan tanaman yang dimaksudkan untuk diberi pupuk.

Ubah Limbah menjadi Uang Tunai

Sebagian besar limbah pertanian dapat dijual kepada orang-orang untuk tujuan lain. Ada pertanian sayuran yang bersedia membeli kotoran unggas dan menggunakannya sebagai pupuk untuk lahan mereka. Limbah pertanian seperti dedak padi dan sekam jagung dapat dimanfaatkan sebagai pakan atau bahan bakar di pabrik.

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pembeli dan menjualnya secara berkala atau anda bisa langsung begitu saja menjualnuya kepada mereka.  Dengan begitu, setiap kali Anda memiliki limbah ini, mereka dapat membawanya dari peternakan Anda dengan biaya tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *