oleh oleh khas lampung

Oleh-oleh khas lampung yang cocok buat kamu bawa pulang

Oleh – Oleh Khas Lampung

Jalan-jalan ke berbagai tempat di Indonesia memang sangat menarik, apalagi dengan suasana alam Indonesia yang beraneka ragam tiap daerahnya, jangan lupa juga soal kulinernya, Indonesia memiliki berbagai makanan khas di setiap daerahnya.

Akan kurang rasanya jika mengunjungi suatu daerah tidak membawa oleh-oleh buat keluarga di rumah. Kali ini yang akan kita bahas adalah kuliner khas lampung. Dan oleh-oleh yang pas untuk anda bawa ke rumah anda.

  1. Kopi lampung.

Salah satu varietas kopi robusta yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara, kopi lampung sendiri memiliki citarasa yang khas dengan rasa yang halus namun kuat dengan sentuhan sedikit rasa coklat.

Kopi lampung pas untuk menjadi oleh-oleh yang harus anda masukkan ke daftar belanja jika anda berencana singgah ke lampung. Dengan aroma yang khas membawa Kembali memori anda Ketika berkunjung ke lampung.

  1. Abon jamur khas lampung

Jika anda mendengar kata Abon apa yang terlintas di fikiran anda?  yap,  anda benar anda pasti berfikir tentang cincangan daging dari olahan Sapi, Kambing, Ayam, bahkan Ikan. Tapi kali ini kita akan mencoba Abon yang berbeda yaitu Abon Jamur khas Lampung.

Berbahan dasar dari jamur tiram sebagai olahan utama dengan bumbu garam, kacang tanah, minyak goreng dan rempah lainnya yang mendukung citarasa yang kuat. Jamur sendiri memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi yang baik bagi tubuhkita.

Dengan rasa yang gurih abon jamur sendiri cocok dijadikan lauk untuk pendamping nasi. Jadi, apakah anda ingin mencoba?

  1. Keripik pisang coklat khas dari lampung

Keripik pisang, siapa sih yang gak tau olahan makanan yang satu ini? Berbahan dasar dari pisang yang diolah menjadi keripik. Eits, yang akan kita bahas kali ini adalah makanan olahan khas bandar lampung nih dengan bahan dasar dari buah pisang dan bukan sembarangan buah pisang lho.

BACA JUGA  Gudang Pusat Distribusi Pangan dibangun di Bandar Lampung

jenis pisangnya sendiri dari pisang kepok, pisang kapok sendiri meiliki 2 jenis, jenis yang pertama yaitu pisang yang memiliki warna yan glebih kuning dengan rasa yang lebih manis, jenis yang kedua tidak memiliki rasa yang terlalu manis dan warna buahnya agak putih.

Keripik pisang yang lampung sendiri memiliki banyak varian rasa yaitu cokla, durian, gurih dll. Gimana tertarik dengan jajanan yang satu ini untuk oleh-oleh?

  1. Kopi durian

Kopi yang satu ini berbeda dengan khas kopi lampung pada umumnya, kopi durian ini sudah dicampur dengan buah durian sehingga ada aroma durian yan gkeluar Ketika kamu menyeduhnya, kopi yang satu ini menjadi oleh oleh yang pas buat kamu untuk keluarga dirumah.

  1. Keripik Nangka

Bandar lampung tidak hanya terkenal dengan olahan kulinernya yaitu keripik pisang, selain keripik pisang bandar lampung juga memiliki olahan kuliner keripik dari buah Nangka, yaitu keripik Nangka dengan banyak varian rasa, anda dapat memilih yang sesuai dengan selera anda.

Bagaimana, tertarik dengan olahan keripik Nangka ini? Anda bisa makan keripik Nangka ini dengan di temani kopi lampung.

  1. Lempok durian.

Makanan khas Lampung yang satu ini memiliki tekstur yang serupa dengan olahan makanan asal Garut Jawa Barat, yap bener banget, dodol garut. Makanan yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang kuat. Sudahkah anda memasukkan olahan ini kedalam daftar belanja oleh-oleh anda?

  1. Sambal lampung.

Jika kamu adalah orang yan gmenyukai kuliner pedas, makanan yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan dalam daftar belanja oleh-oleh kamu..! yap bener banget, sambal lampung, olahan yang satu ini tidak hanya memakai cabai rawit saja, tapi dengan campuran bawang putih anda bisa merasakan sensasi khasnya.

BACA JUGA  Lampung Punya "Kampung Vietnam" di Kemiling

Cocok sekali buat lauk saat kamu sampai dirumah.

Nah, makanan dan olahan khas lampung mana nih yang mau kamu beli? Yang pastinya oleh oleh manapun yang kamu beli gak bakalan bikin kecewa deh! Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *