vaksin covid untuk anak

Izin Vaksin Covid-19 Untuk Anak 11 – 16 Tahun Telah Diterbitkan

Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 Untuk Anak Usia 11 Hingga 16 Tahun

Vaksin Covid-19 Untuk anak usia 11 tahun Hingga 16 Tahun telah diterbitkan pada Tanggal 1 ktober 2021, Seperti dikutip dari konfrensi pers yang dimuat oleh Kompas.com, tertulis Juru Bicara Covid 19 Adisasmito.

Sperti kita ketahui bahwa, Pemerintah menargetkan Total Vaksin Covid untuk Indonesia Dosis pertama Sebanyak 208.265.720 Jiwa dan pencapaian hingga Bulan ini mencapai 58,04%. Dan Target dosis kedua dengan capaian 35,92%Sementara Target sasaran untuk vaksin anak usia 6 hingga 12 Tahun ini, akan diberikan kepada 26,4 Juta Jiwa. Dan masih sama dengan vaksin dewasa, tahapan dosis akan dilakukan 2 kali suntikan.

Dengan terbitnya izin Vaksin Darurat Covid ini, maka yang bisa divaksin tadinya adalah anak usia SMP, kini anak SD pun akan segera di berikan vaksin. Sehingga rencana belajar tatap muka bisa segera berjalan secara normal.

Rekomendasi IDAI dan ITAGI

Sementara untuk ukuran dosis, dikatakan adalah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi dari Ikaan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan juga membutuhkan rekomendasi dari Indonesian Technician Advisory Group n Immunization (ITAGI)

Untuk jenis vaksin yang akan dipakai adalah vaksin Sinovac dan Vaksin Bio Farma, jenis vaksin Sinovak pada awalnya diberikan izin oleh BPOM, penggunaannya untuk anak usia 12 hingga 17 Tahun, dan saat ini izin darurat vaksin telah dikelurkan untuk anak usia 11 sampai 16 Tahun

Pelaksanaan Vaksinasi untuk anak diatas 6 tahun ini direncakan awal tahun depan, namun Ketua DPR RI Charle Honoris, menghawatirkan adanya gelombang ke 3 Penyebaran Virus Corona yang dipredikasi akan melanda di ahir tahun 2021.

BACA JUGA  5 langkah Mudah Hindari COVID-19

Untuk itu semestinya pemberian vaksin untuk anak usia 6 tahun ke atas ini, agar bisa dipercepat untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya gelombang ke 3 pandemi Covid-19. Harapannya adalah agar target pembelajaran di sekolah bisa segera pulih.

Syarat Anak Yang Tdak di Vaksin

Adapun rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia adalah, bagi anak – anak yang memiliki cirii beberapa kriteri dibawah ini dilarang diberikan vaksin covid, diantaranya :

  1. Anak yang mengalami defisiensi imun primer, penyakit auto imun tidak terkontrol
  2. Anak mengidap penyakit sindrom gullian barre, myelitis transversa, acute demyelinating encephalomyelitis
  3. Anak mengidap kanker dan sedang menjalanikemoterapi atau radioterapi
  4. Anak sedang mendapatkan pengobatan imunosupresan atau sitostatika berat
  5. Anak sedang mengalami demam 37,50 derajat Celcius atau lebih.
  6. Anak baru sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan
  7. Pasca imunisasi lain kurang dari 1 bulan
  8. Anak atau remaja sedang hamil
  9. Anak memiliki hipertensi dan diabetes mellitus
  10. Anak memiliki penyakit – penyakit kronik atau kelainan kongenital yang tidak terkendali

 

Sumber : kompas.com | cnnindonesia.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *