alat-pertanian
image source : freepik.com

Ragam Mesin Pertanian dan Kegunaannya

Berbagai Macam Mesin Pertanian

Petani modern memiliki berbagai pilihan peralatan untuk berbagai kegiatan yang mereka lakukan setiap tahun. Dari kombinasi berteknologi tinggi hingga traktor sederhana, berbagai macam peralatan pertanian yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan petani skala kecil dan industri.

Namun, mungkin sulit untuk melacak semua opsi. Petani baru khususnya mungkin bertanya-tanya untuk apa berbagai jenis mesin pertanian itu. Menentukan berbagai jenis mesin pertanian yang mungkin diperlukan untuk membuat operasi lebih efisien dapat membuat frustasi, terutama di pertanian kecil dan menengah.

Semua peralatan yang tersedia mungkin tampak membingungkan, tetapi mengetahui tentang opsi peralatan pertanian dasar akan sangat membantu. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli peralatan pertanian baru atau bekas, silakan lihat panduan ini.

Menjelaskan berbagai jenis mesin pertanian dan kegunaannya, serta beberapa pilihan untuk pertanian kecil, menengah dan besar. Truk sering menjadi bahan pokok kehidupan pertanian, tetapi ada beberapa kendaraan khusus pertanian lainnya.

  1. Traktor

Adalah meremehkan untuk mengatakan bahwa “traktor” adalah kategori yang luas. Traktor ada di mana-mana di dunia pertanian dan tersedia dalam berbagai ukuran yang sesuai dengan praktik pertanian apa pun.

Meskipun tujuan utama traktor adalah untuk menarik peralatan pertanian, traktor modern dapat dilengkapi dengan berbagai alat tambahan untuk memenuhi hampir semua kebutuhan pertanian. Untuk alasan ini, traktor adalah pembelian yang masuk akal bagi petani kecil dan besar.

Ada beberapa jenis traktor:

  • Compact Tractor:

Sesuai dengan namanya, compact tractor adalah traktor kecil dan bertenaga yang dapat mendukung semua fungsi dasar yang dibutuhkan di lahan pertanian. Traktor kompak ideal untuk penanganan material dan bekerja di ruang sempit di mana traktor tradisional tidak dapat muat.

  • Wheel Tractors:

Traktor beroda adalah traktor serba guna yang membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari alat berat Anda. Traktor utilitas ini dapat memenuhi berbagai persyaratan dan dapat dilengkapi untuk pengolahan tanah, penanganan material, dan peralatan penarik.

BACA JUGA  10 Bahan Pupuk Organik di Sekitar Rumah, Buatnya Gampang

Dengan berbagai pilihan tenaga kuda, kapasitas angkat, kontrol, dan gaya kabin, Anda dapat memilih traktor beroda yang paling sesuai dengan Anda dan aplikasi Anda.

  • Traktor Truk:

Traktor truk adalah kendaraan pertanian dengan truk karet yang dipasang sebagai pengganti ban, memungkinkan operator mengolah lahan yang lebih kuat sambil memberikan pengendaraan yang mulus.

  • Traktor Kebun:

Traktor kebun adalah jenis traktor khusus dengan fitur yang bekerja paling baik di kebun. Traktor ramping ini mudah dipasang di antara garis kayu sambil memberikan daya yang dibutuhkan untuk lansekap dan pemeliharaan.

Attachment khusus yang digunakan pada traktor sangat beragam. Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis attachment yang tersedia dan fitur-fiturnya, lihat bagian lebih lanjut di bawah tentang attachment traktor.

  1. Combine atau Pemanen

Petani biji-bijian membutuhkan Combine (juga dikenal sebagai pemanen atau Combine) yang membantu mereka memanen tanaman mereka secara efisien. Bahkan petani biji-bijian kecil dapat memperoleh keuntungan besar dari menggunakan mesin pemanen gabungan.

Mesin raksasa ini menggunakan sistem roda gigi, bilah, sabuk, dan roda yang rumit untuk mengubah biji-bijian menjadi biji-bijian. Combine mencapai ini melalui tiga proses utama:

  • Memotong:

Memotong adalah proses memotong tanaman. Ini dilakukan oleh bilah header, reel, dan pemotong gabungan. Header mengumpulkan krop dan gulungan mendorong krop ke bilah pemotong, memotong krop di akarnya.

  • Perontokan:

Perontokan adalah proses pemisahan bagian tanaman berisi buah dan yang tidak ada isinya. Ini dicapai dengan drum perontok. Drum pengirik menabuh tanaman yang dipotong untuk memisahkan biji-bijian dari batang.

  • Pengayakan:

Pengayakan adalah proses memisahkan sekam padi ringan dari gabah, biasanya saat gabah berada di drum perontok. Sekam padi biasanya dipisahkan dari gabahnya menggunakan saringan. Ada banyak sekali combine dan Combine attachment untuk memenuhi kebutuhan pertanian apa pun.

  1. ATV atau UTV

Kendaraan segala medan, juga dikenal sebagai ATV atau kereta roda empat, menjadi semakin umum di peternakan dari semua ukuran, seperti juga kendaraan utilitas atau UTV. Kendaraan kecil ini lebih efektif daripada kebanyakan kendaraan jalan raya dan dapat bergerak lebih cepat daripada traktor biasa di medan yang berat.

BACA JUGA  TOMAT | Deskripsi, Budidaya, dan Sejarah

Selain itu, beberapa jenis lampiran, seperti trailer kecil, penyebar, dan mesin pemotong rumput, bekerja pada kendaraan ini. Attachment traktor dipasang pada traktor atau ditarik di belakang traktor untuk menambah tingkat fungsionalitas baru.

Aplikasi mereka berkisar dari pengelolaan tanah hingga menabur. Berbagai jenis lampiran peralatan pertanian dijelaskan secara rinci di bawah ini. Bajak adalah alat pelengkap traktor besar yang menggunakan bilah panjang untuk memotong parit di tanah dan menyeretnya ke belakang traktor.

Proses ini tidak hanya mengendurkan dan memutar tanah, tetapi juga membantu membunuh vegetasi permukaan yang tidak dimaksudkan untuk berada di sana. Budidaya adalah langkah pertama yang penting, meskipun tanah perlu melalui beberapa langkah berikutnya untuk mempersiapkannya untuk penanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *