pelajaran-etika-anak

Ajarkan Anak 5 Etika Ini, Agar Anak Terhormat

Mengajarkan Etika Pada Anak

Banyak dari kita menganggap batas adalah seperti garis lapangan olahraga. Garis sebagai tanda yang saling sambung sehingga anda tidak keluar dari jangkauan, untuk menghentikan permainan, atau mengambil penalti. Batas-batas hubungan yang sehat dapat dipahami dengan cara yang hampir sama.

Ini seperti menggambar garis yang Anda tidak ingin seseorang lewati dan memberi tahu mereka bahwa tidak baik memperlakukan Anda dengan cara tertentu. Dan itu bekerja dengan dua cara.  Dalam hubungan, mungkin terdengar seperti “jangan panggil nama panggilanmu, aku benci itu” atau “Aku tidak ingin kamu menyentuhnya seperti itu”.

Oleh karena itu, penting tidak hanya bagi anak-anak untuk menetapkan batas-batas mereka sendiri, tetapi juga untuk menghormati batas-batas yang ditetapkan oleh orang lain. Sebagai seorang ayah, Anda dapat membantu membimbing anak Anda di jalan ini dan memberi contoh bagi mereka.

Menetapkan batasan berarti mengajarkan anak anda bagaimana membangun hubungan yang sehat antara anda dan orang lain. Mempelajari keterampilan ini sejak dini akan membantu anak Anda mengetahui apa yang harus dilakukan dalam hubungan di masa depan.

Etika Yang Penting Untuk Diajarkan

Berikut adalah lima hal yang harus diajarkan kepada anak Anda ketika membantu mereka memahami batasan yang ada.

  1. Tanyakan apa yang perlu diubah

Sebelum menetapkan batasan, anak perlu memahami apa yang perlu diubah. Mintalah mereka untuk memikirkan apa yang mereka rasakan sakit dan apa yang mereka inginkan agar tidak terjadi lagi. Klarifikasi adalah langkah pertama dalam menetapkan batasan.

  1. Perjelas pesannya

Jika Anda menetapkan batasan dengan seseorang, mereka perlu tahu persis apa yang Anda inginkan dan tidak inginkan. Penting untuk menggunakan kata-kata yang jelas dan padat daripada kata-kata seperti “mungkin”, “Saya berharap saya memiliki”, “Saya pikir”. Pahami bahwa setiap contoh ini dicari.

  1. Tetap konsisten dan tindak lanjuti

Ini bisa sulit. Setelah batas ditetapkan, mungkin atau mungkin tidak dihormati oleh orang lain dan mungkin perlu untuk melindungi batas. Kapan pun seseorang terus meremehkan batasan, penting untuk memberi tahu mereka bahwa itu baik-baik saja.

  1. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan

Cara untuk membantu anak-anak lain memahami sesuatu adalah dengan mencontohnya. Jika anak Anda ingin orang menghormati batasan mereka, mereka perlu menghormati batasan orang lain. Penting untuk mengajari anak Anda untuk menghormati batasan, bukan untuk melanggarnya. Penetapan batas dan penghormatan dilakukan dengan dua cara.

  1. Ingatlah bahwa TIDAK berarti TIDAK

Pengaturan batas dan rasa hormat adalah keterampilan penting bagi orang-orang dari segala usia untuk belajar. Setiap orang berhak menentukan batasannya sendiri. Batas mungkin tidak masuk akal bagi seorang anak.

BACA JUGA  6 Gejala - Perubahan Anak Remaja

Hanya karena sesuatu mungkin tampak tidak penting bagi mereka, bukan berarti itu tidak penting bagi orang lain. Jika seseorang menetapkan batasan dengan anak Anda, mereka tidak boleh mencoba mencari cara untuk mengatasinya.

Menghormati batas adalah jalan dua arah. Pengaturan batas dan rasa hormat adalah keterampilan penting bagi orang-orang dari segala usia untuk belajar. Hal ini penting untuk hubungan yang sehat dan langgeng.

Apa aspek tersulit dalam menetapkan dan mempertahankan batas? Berkumpullah dengan anak-anak dan tanyakan, “Kapan Anda merasa hebat?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *