perubahan iklim
Image Sourch : freepik.com

Bencana Perubahan Iklim, Pemimpin Dunia Deklarasi Kembalikan Hutan di COP-26

Perubahan Iklim

Perubanan Iklim, yang terjadi saat ini dipandang cukup menghawatirkan, catatan WMO (Word Meteorological organization, Menyampaikan peningkatan bencana yang diakibatkan adanya perubahan iklim naik hingga Lima kali Lipat Sejak 50 Tahun terahir.

Bencana yang timbul akibat perubahan iklim ini seperti Banjir dan Gelombang panas, telah mngakibatkan sedikitnya meninggalnya 2 juta orang lebih. Tidak hanya itu kerugian dari aspek ekonomi mencapai 3,64 Triliun dolar AS.

Dampak Perubahan Iklim

Dampak perubahan iklim akan dirasakan bukan hanya pada manusia saja, melainkan semua unsur kehidupan di bumi akan merasakan dampak dari perubahan iklim, Hewan Tumbuhan, gahkan mikro organisme akan ikut juga merasakan dampaknya.

Naiknya Permukaan Air Laut, semakin Maraknya Bencana Alam, Pergeseran rentang geografis, dan kerusakan ekosistem global merupakan sederet fenomena yang menandai adanya perubahan iklim dan pemanasan global.

Perubahan Iklim Yang di Devinisikan Sebagai Perubahan Pola dan Intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Perubahan Iklim ditandai dengan adanaya perubahan cuaca atau terjadinya pergeseran sebaran kejadian cuaca.

Penyebab utama dari perubahan iklim ini adalah adanya Pemanasan Global, atau sering disebut sebagai Global Warming, pemanasan Global ini dipicu oleh adanya peningkatan konsentrasi Gas Rumah kaca, yang berada di dekat lapisan atmosfer bumi.

United Nation Climate Chage Conference / COP 26 – 2021

Konferensi Tingkat Tinggi rganisasi Perubahan Iklim Dunia tahun 2021 yang diselenggarakan di Britania Raya, berlangsung mulai tgl 31 ktober hingga 12 November 2021, berkomitmen untuk melakukan perubahan dalam rangka Perubahan Iklim dunia

BACA JUGA  Cara Meningkatkan kemampuan Otak / IQ

Deklarasi Bersama COP-26

Deklarasi yang ditandatangani lebih dari 100 negara itu, diantaranya menekankan arti pentingnya Mengembalikan fungsi Hutan yang hilang pada 2030, pertemuan tersebut membahas upaya tindakan manusia dalam menghindari Bencana perubahan iklim

Agenda utama dalam pertemuan organisa negara negara yang di inisiasi oleh PBB ini, adalah membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat celcius diatas rata – rata pada ahir abad ini. Jika tindakan ini dimulai saat ini maka diharapkan ditahun 2030 dapat memangkasnya hingga 50%.

Dalam deklarasi Para pemimpin dunia ini  mencakup komitmen bersama untuk melestarikan hutan dan ekosistem darat lainnya serta mempercepat pemulihannya. Tampak hadir pula dalam pertemuan tersebut Bapak Prediden Republik Indonesia Joko Widodo.

Indonesia dan beberapa Negara bersepakat Untuk menghentikan secara bertahap penggunaan pembangkit listrik tenaga batubara, dan mulai bertransformasi kepada pemanfaatan energy ramah lingkungan.

Karena ditengarai bahwa penyebab terbesar kenaikan Suhu bumi dan berdampak pada perubahan iklim sehingga perlu dilakukan penggunaan energy bersih untuk mencapai transisi energy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *