Roehana Koedoes atau Ruhana Kudus

Jurnalis Roehana Koeddoes jadi Latar Google Hari ini. Siapakah Dia ?

Roehana Koedoes atau Ruhana Kuddus

Hari ini tepat tanggal 8 November 2021, Google menempatkan sosok gambar seorang wanita mengenakan kain penutup kepala, ber cicikan budaya wanita minang. Roehana Koedoes, itulah nama dari gambar wanita tersebut

Ruhana Kudus adalah sosok pahlawan berdarah minang, yang dinobatkan sebagai Pahlawan, atas keputusan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, pada tanggal 8 November 2021.

Anugerah Gelar Pahlawan Nasional

Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung Anugerah Kehormatan Sebagai Pahlawan Nasional kepada Almarhumah Ruhana Kuddus, di Istana Negara Pada Tanggal 7 November 2019 yang lalu. Penyerahan anugerah tersebut diwakili oleh cucu dari Roehana, bernama Janedy.

Sosok Roehana Koedoes, memang tidak dikenal oleh kebanyakan orang, seperti pahlawan – pahlawan lainnya, seperti Cut Nyak Dien dan lainnya. Namun keharuman namanya kini tercium hingga ke seluruh penjuru Negeri.

Sejarah Roehana

Rohana Kudus Dilahirkan di kota Gadang tepatnya di Kota Agam, Sumatera Barat, tepat pada tanggal 20 Desember 1884, bernama Asli Siti Rohana, seddangkan Nama Kudus merupakan Nama belakang dari mendiang Suaminya Abdullah Kudus.

Siti Rohana, lahir dari keluarga Terpandang, Datuk Dinagari dari Puak Kato, , yang merupakan Keturunan tertua di Kotagadang. Ayahanda Rohana bernama Moehammad Rasjad Maharaja Soetan, yang merupakan Jaksa atau Kiam. (wikipedia)

Roehana Koedoes, atau memiliki nama asli Siti Rohana ini, merupakan Seorang Jurnalis Pertama di Indonesia yang menjadi symbol kebebasan berekspresi, dan sekaligus simbul kesetaraan gender.

Lahir di Lingkungan Keluarga Terpandang

Agus Salim seorang pejuang kemerdekaan yang sangat tersohor, merupakan sepupu dari Rohana, sedangkan penyair kenamaan Chairil Anwar adalah keponakan dari Mendiang Roehana Koedoes. Juga Soetan Sjahrir Merupakan adik tiri dari Rohana.

BACA JUGA  Siap – Siap Unipin SEACA Kembali Hadir, Hadiahnya Ratusan Juta

Dikabarkan Seorang Siti Rohana ini hanya dididkan pendidikan keluarga, tidak pernah mengenyam pendidikan formal, namun beliau mampu menguasai berbagai Bahasa, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Belanda dan juga Bahasa Arab, sebuah prestasi yang sangat luar biasa.

Sosok Sang Ayah Rasjad

Sosok pendidik adalah sang ayah, Rasjad, yang berlangganan surat kabar, dan menyediakan buku – buku mulai dari buku Sastra hingga buku – buku politik, rupanya ini lah yang menjadi bekal pendidikan sang Pahlawan Nasional, Roehana Koedoes.

Berada di lingkungan yang relegius, Roehana tumbuh menjadi pribadi yang relegius pula, selain itu budaya membaca memang tumbuh subur di lingkungan keluarga. Sehingga bekal agama dan pengetahuan yang cukup, membuat Roehana menjadi sosok Jurnalis pertama di Indonesia dan pada tahun 2019 lalu, anugerah kehormatan menjadi Pahlawan Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *